Abstrak |
PT. Sri Indah Labetama merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan. Karena banyak sedikitnya order penjualan yang masuk dipengaruhi oleh tren yang terjadi di perusahaan garmen, diperlukan penambahan order penjualan disaat tren sedang turun. Banyaknya kunjungan yang dilakukan oleh sales Marketing merupakan upaya dalam meningkatkan nilai penjualan label, namun karena banyaknya sales Marketing yang kunjungan, kepala marketing dan bagian personalia mengalami kendala dalam hal monitoring aktivitas sales Marketing di luar kantor. Monitoring ini diperlukan karena setiap hari kepala bagian divisi marketing akan melakukan pelaporan aktivitas marketing dalam mencari order dan pelaporan itu akan ditembuskan kepada bagian personalia dan General Manager sebagai daily report agar dapat dibuktikan bahwa sales Marketing bersangkutan dalam kesehariannya di kantor adalah mencari order. Dari permasalahan inilah dibuat sebuah aplikasi atau sistem yang mana aplikasi atau sistem tersebut mampu memonitoring posisi sales Marketing ketika sales Marketing melakukan visit atau kunjungan ke customer. Dengan menggunakan metode reverse-geocoding, titik koordinat lokasi yang dikirimkan oleh smartphone akan dikonversi menjadi alamat yang lebih dimengerti oleh user. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan sales Marketing dapat termonitor oleh personalia dan kepala sales Marketing.
Kata Kunci : android, java, geo-location, firestore, reverse-geocoding
|