Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaa manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Populasi pada penelitian ini sebanyak 221 perusahaan dengan kurun waktu 5 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan proportionate stratified random sampling. Meode analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 26.0. Dalam penelitian ini manajemen laba diukur dengan menggunakan pendapatan diskresioner (Stubben), leverage di ukur menggunakan debt to equity ratio (DER) dan ukuran perusahaan diukur menggunakan logaritma natural dari total penjualan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hasil uji secara parsial leverage berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba dan ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba.
Kata Kunci: Leverage, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba.