Abstrak |
Dojuju Store adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang tekstil dan stock
lot pakaian bermerek dari luar negeri maupun lokal. Maraknya berbagai pasar
online di media sosial dan marketplace menjadi salah satu alasan Dojuju Store ingin
mengembangkan target pasarnya lebih luas secara online. Salah satu strategi bisnis
yang dilakukan Dojuju Store adalah dengan membuat sistem Customer
Relationship Management (CRM) sederhana berbasis web menggunakan metode
waterfall untuk meningkatkan loyalitas serta kepuasan pelanggan. Dalam hal ini
sistem Customer Relationship Management digunakan untuk meninjau kualitas
produk dan pelayanan yang dipasarkan Dojuju Store, serta menyimpan data
pelanggan yang dibutuhkan. Harapan dari penelitian ini yaitu mampu membuat
sistem Customer Relationship Management yang mampu melakukan penyimpanan
data pelanggan meliputi nama, nomor ponsel, penilaian terhadap produk dan
pelayanan Dojuju Store serta kritik dan saran yang ingin disampaikan pelanggan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sistem mampu berjalan secara
maksimal dalam pengolahan data berskala kecil sampai sedang, sedangkan untuk
data berskala besar kurang efektif. Kemudian, sistem CRM yang dibuat
menggunakan metode waterfall berhasil berjalan sesuai dengan rancangan yang
telah dibuat.
Kata kunci : Customer Relationship Management, web, metode waterfall,
penilaian
|