Abstrak |
Persaingan dalam bisnis kuliner di kota Bandung khususnya rumah makan sunda mengalami perkembangan yang cukup pesat. Untuk itu pemilik Rumah Maksn harus dapat menciptakan kualitas yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggam seperti meningkatkan kualitas pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi yaitu reliability, tangibles, responsiveness, assurance, dan empathy secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Cibiuk Soekarno Hatta.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada Rumah Makan Cibiuk Soekarno Hatta. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan tekhnik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji statistik t, uji statistik F, dan koefisien determinasi) dengan menggunakan software SPSS IBM 25.
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel tangible, empathy, reliability, responsivenss, dan assurance terhadap kepuasan konsumen. Nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini sebesar 0,573 atau 57,3%. Sedangkan sisanya sebesar 42,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil pengujian secara parsial menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tangible terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Cibiuk Soekarno Hatta dan pengaruh yang tidak signifikan antara empathy, reliability, responsiveness, dan assurance terhadap kepuasan konsumen
Kata Kunci : reliability, tangibles, responsiveness, assurance, empathy dan
|