Abstrak |
ABSTRAK
Pada saat ini banyak perusahaan melakukan apapun untuk bisa bersaing dengan
perusahaan lainnya dan mempraktekan manajemen hubungan pelanggan atau yang dikenal
dengan customer relationship management (CRM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bentuk Customer Relationship Management (CRM) berbasis Web yang dilakukan oleh toko
onlineshop FauxHawk Bandung dan untuk mengetahui penerapan Customer Relationship
Management (CRM) berbasis Web yang dilakukan toko online shop FauxHawk di Bandung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah
pemilik, pemegang web, dan pegawai toko FauxHawk di Bandung. Sumber dan data dipilih
secara purposif dengan syarat informan yang mengalami secara langsung peristiwa yang
menjadi fokus pada penelitian, mampu menceritakan kembali peristiwa yang dialaminya, dan
bersedia dijadikan informan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, melengkapi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menjelaskan tentang bentuk dan penerapan Customer Relationship
Management (CRM) yang akan selalu beriringan pada proses jual beli yang terjadi di online
shop FauxHawk Bandung. Dan Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu
solusi bagi beberapa perusahaan untuk meningkatkan strategi pemasaran konvensional menjadi
modern dalam bisnisnya.
|