Abstrak |
Dojuju Store adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang tekstil dan stock lot pakaian
bermerek dari luar negeri maupun lokal. Maraknya berbagai pasar online di media sosial
dan marketplace menjadi salah satu alasan Dojuju Store ingin mengembangkan target
pasarnya lebih luas secara online. Salah satu strategi bisnis yang dilakukan Dojuju Store
adalah dengan membuat sistem Customer Relationship Management (CRM) sederhana
berbasis web menggunakan metode waterfall untuk meningkatkan loyalitas serta kepuasan
pelanggan. Dalam hal ini sistem Customer Relationship Management digunakan untuk
meninjau kualitas produk dan pelayanan yang dipasarkan Dojuju Store, serta menyimpan
data pelanggan yang dibutuhkan. Harapan dari penelitian ini yaitu mampu membuat sistem
Customer Relationship Management yang mampu melakukan penyimpanan data
pelanggan meliputi nama, nomor ponsel, penilaian terhadap produk dan pelayanan Dojuju
Store serta kritik dan saran yang ingin disampaikan pelanggan. Hasil dari penelitian yang
dilakukan adalah sistem mampu berjalan secara maksimal dalam pengolahan data berskala
kecil sampai sedang, sedangkan untuk data berskala besar kurang efektif. Kemudian,
sistem CRM yang dibuat menggunakan metode waterfall berhasil berjalan sesuai dengan
rancangan yang telah dibuat.
Kata kunci : Customer Relationship Management, web, metode waterfall, penilaian.
|