Abstrak |
Restoran Yoshinoya adalah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner. Restoran Yoshinoya
sendiri berkeinginan untuk membuat strategi bisnis yang baru. Aktivitas bisnis yang sedang
berlangsung dinilai belum maksimal untuk meningkatkan pendapatan penjualan karena
perusahaan belum dapat melakukan penjualan menu secara merata, menu ada yang laku terjual
dan ada yang tidak habis terjual. Penjualan menu yang tidak laku terjual akan mengalami
penumpukan stok bahan makanan di kitchen stok, hal ini mengakibatkan kapasitas
penyimpanan kitchen stok berkurang dan biaya pemiliharaan lebih tinggi.Strategi pemasaran
saat ini perusahaan harus mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan daya saing
dengan perusahaan lain, salah satunya dengan menerapkan Analisis Data Mining
menggunakan algoritma Apriori untuk menghasilkan konsep yang digunakan oleh perusahaan
adalah product bundling pada tujuan akhirnya, konsep ini memungkinkan perusahaan untuk
dapat menggabungkan antara dua menu atau lebih dalam satu paket menu kepada pelanggan
dengan tujuan menu yang tidak laku akan ikut terjual. Hasil yang diharapkan mampu
meningkatkan proses bisnis perusahaan sehingga menciptakan peningkatan terhadap kepuasan
pelanggan, dan peningkatan daya saing dengan perusahaan lain, perusahaan dapat
meningkatkan pendapatan perusahaan. Pada sistem ini diharapkan pihak perusahaan dapat
membuat sebuah bundling menu secara efektif serta efisien serta dapat meningkatan penjualan
pada perusahaan.
|