Abstrak |
Setiap perusahaan dituntut untuk memiliki suatu keunggulan kompetitif tersendiri
agar tidak tertinggal dengan perusahaan yang lain. Salah satu yang dilakukan
adalah meningkatkan kualitas pelayanan kepada setiap pelanggan. Dengan
identifikasi masalah sebagai proses penyederhanaan masalah dan memperjelas
arah penelitian: 1) Bagaimana tanggapan pelanggan atas kualitas jasa yang
diberikan Verona Residence Hotel Bandung 2) Bagaimana kepuasan pelanggan
pada Verona Residence Hotel Bandung serta 3) Seberapa besar pengaruh kualitas
jasa terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Verona Residence Hotel
Bandung. Sedangkan teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah
uji korelasi, koefisen determinasi dan uji parsial . Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan
pelanggan, hal ini ditunjukkan oleh hasil r yang berada pada angka 0,467 dan R2
yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 21,8%
terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci
:kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik, kualitas hasil
dan kepuasan pelanggan
|