Abstrak |
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan tax avoidance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Populasi pada penelitian ini sebanyak 66 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 21 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan tax avidance berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan hasil secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan tax avoidance berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, tax avoidance, nilai perusahaan.
|