Abstrak |
Restoran Yoshinoya adalah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner. Restoran
Yoshinoya sendiri berkeinginan untuk membuat strategi bisnis yang baru. Aktivitas bisnis
yang sedang berlangsung dinilai belum maksimal untuk meningkatkan pendapatan
penjualan karena perusahaan belum dapat melakukan penjualan menu secara merata, menu
ada yang laku terjual dan ada yang tidak habis terjual. Penjualan menu yang tidak laku
terjual akan mengalami penumpukan stok bahan makanan di kitchen stok, hal ini
mengakibatkan kapasitas penyimpanan kitchen stok berkurang dan biaya pemiliharaan
lebih tinggi.Strategi pemasaran saat ini perusahaan harus mampu mempertahankan atau
bahkan meningkatkan daya saing dengan perusahaan lain, salah satunya dengan
menerapkan Analisis Data Mining menggunakan algoritma Apriori untuk menghasilkan
konsep yang digunakan oleh perusahaan adalah product bundling pada tujuan akhirnya,
konsep ini memungkinkan perusahaan untuk dapat menggabungkan antara dua menu atau
lebih dalam satu paket menu kepada pelanggan dengan tujuan menu yang tidak laku akan
ikut terjual. Hasil yang diharapkan mampu meningkatkan proses bisnis perusahaan
sehingga menciptakan peningkatan terhadap kepuasan pelanggan, dan peningkatan daya
saing dengan perusahaan lain, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.
Pada sistem ini diharapkan pihak perusahaan dapat membuat sebuah bundling menu secara
efektif serta efisien serta dapat meningkatan penjualan pada perusahaan.
|