Abstrak |
Artpedia adalah salah satu perusahaan retail yang bergerak di bidang alat tulis kantor dan alat kesenian. Akan tetapi untuk mengikuti trend penjualan yang sedang ramai saat itu data penjualan yang ada belum di maanfaatkan dengan baik padahal data tersebut mengandung informasi yang dapat di proses untuk keperluan yang lebih luas. Salah satunya untuk menemukan hubungan khusus antar produk yang di beli bersamaan. Berdasarkan hubungan tersebut, dimungkinkan melakukan promosi barang dengan pola keterkaitan barang yang ada dalam penjualan. Oleh karena itu, penulis mengambil tema penelitian berjudul “Aplikasi Analisa Keranjang Belanja Dengan Metode Apriori Untuk Rekomendasi Trend Penjualan Pada Artpediashop”. Metode yang diguankan dalam penerapan aplikasi ini dengan Data mining merupakan proses analisa untuk menentukan suatu pola dari kumpulan data yang mampu menganalisa data yang besar menjadi informasi berupa pola yang mempunyai arti bagi pendukung keputusan. Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma apriori merupakan salah sau teknik assosiation rule yang digunakan untuk analisa keranjang belanja. Dengan menggunakan teknik assosiation rule menghasilkan suatu aturan asosiasi antar produk-produk yang di jual secara bersamaan dalam suatu transaksi. Hasil yang di capai dalam penelitian ini mendapatkan pola penjualan pembelian suatu produk dengan itemset 1,2 dan 3 item produk serta memberikan aturan analisa asosiainya.
|